Lulus sma adalah moment di mana semua siswa menggalau tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, menentukan pilihan yang sulit sebagai penentu masa depan. Dibayang-bayangi rasa gengsi sesama teman bahwa mereka harus memilih yang lebih tinggi dari yang lainnya tanpa berpikir apa yang aku miliki dan seperti apa aku di masa mendatang . kebanyakan siswa sma yang sedang mengalami peralihan dari masa alay ke masa yang dewasa lebih mementingkan keegoisan dibandingkan dengan kenyataan. Seperti, mereka kebanyakan menginginkan fakultas kedoteran di universitas negeri. Karena mereka berpikir jurusan FK bisa menjamin masa depannya. Pemikiran kuno dan sempit itu sudah menjadi hal biasa dikalangan siswa yang lulus sma. Dan, kebanyakan dari mereka menentang kenyataan yang ada dalam diri mereka, kemampuan yang standar  dan usaha yang sangat minim. Itu semua karena 'rasa gengsi tadi'
            Tapi, aku masih berpikir rasional bahwa semuanya harus sebading . kenyataan dan khayalan, keinginan dengan usaha dan kemampuan dengan pilihan. Bukan perkara mudah untuk memilih apa yang kita inginkan semuanya memiliki keuntungan dan risiko masing-masing. Lalu, kemana aku harus melangkah? Ketika semua temanku bertanya "kamu mau jurusan apa?" tanpa komando aku menjawab statistika. Mempersentasikan apa statistika?
            Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagimana merencanakan,mengumpulkan, menganalisis,menginterpretasi dan mempersentasikan data.singkatnya statistika merupan ilmu yang berkenaan dengan data. Lalu jika sudah berbicara tentang data tidak terlepas dari kata 'matimatika'. Dalam matimatika dikenal kata statistika. Secara umum kedua kata itu sama namun sebenarnya mereka memiliki makna yang berbeda. Statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data sedangkan statistic merupakan data, informasi atau hasil penerapan algoritma statistika  suatu data. Setelah aku mencari apa itu statistika membuatku tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang statistika. Apalagi stelah mengetahui prospek kerja lulusan statistika yang banyak.  Inti dari pekerjaan  seorang statistisi adalah untuk mengukur menginterpretasikan dan menjelaskan aktivitas manusi, barang dan berbagai fenomena sehingga diketahui polanya dan bisa dibuat prediksinya di masa yang akan datan. Seorang statistisi bisa masuk ke berbagai sector pekerjaan, antara lain pemerintahan, industry, riset, marketing, ekonomi, financial, komputasi dan lain-lain.
            Prospek kerja seorang statistisi terus berkembang, seiring semaikin meningkatnya jumlah pekerjaan yang membutuhkan kulifikasi sebagai seorang statistisi antara lain kemampuan menganalisis data dan memprediksinya. Saat ini tenaga-tenaga ahli  bidang statistic banyak dicari oleh perusahan-perusahan besar dan tentu saja menawarkan penghasilan  yang besar. Selain bekerja diperusahan besar, saat ini juga berkembang kewirausahaan di  bidang statistic, yang disebut sebagai 'statpreneur'. Statpreneur merupakan lembaga yang menyediakan jasa statistic, missal perancangan survey,marketing research, analisis data, pengolahan data dan lain-lain.
            Selain itu, prospek kerja statistika bisa juga menjadi seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan, teori statistic untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis actual yaitu profesi aktuaris. Aktuaris adalah sebuah pekerjaan dengan skill  elit, dikarenakan konsep aktuaris yang cukup memerlukan pengetahuan bidang matematika dan statistic secara mendalam. Oleh karena itu, sejumlah Negara memutuskan untuk membuat lembaga khusus untuk mendidik calon aktuaris,  mengujinya dalam ujian profesi aktuaris. Di Indonesia sendiri lembaga ini dikenal dengan nama persatuan aktuaris Indonesia (pai ), prospek aktuaris di Indonesia sebatas asuransi hidup, asuransi umum, asuransi kesehatan, pension, karyawan, kebijakan sosial, keuangan, investasi, dan manajemen rrisiko. Ilmu aktuaris merupakan ilmu gabungan antara ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan dan pemerograman computer.
            Prospek kerja sarjana statistika juga dapat menempati posisi peneliti, ceo serta staff pada bagian electronic data processing, system analyst, quality control, planning, controlling and production, dll pada berbagai bidang : lemabaga pemerintahan ( depdagri, diknas, depkeu, dephan dll ), sector industry atau jasa keuangan ( perbankan, asuransi, bursa saham, bumn ), industry startegis ( pt.pai, pt. kai, pt. pln, pt.gas, dll ), bidang industry perangakat lunak dan computer ( perancangan system, programming, desain grafis, dll ), bidang industry penerbitan dan percetakan, industry telekomunikasi ( telematika, Telkom ), industry pengolahan data dan informasi ( bps, isi, barometer, lri, dll ), bidang riset dan pengembangaan ( lipi, batan, lapan, bppr, marketing riset, informasi, dll ), bidang akademik, sebagai dosen di ptn dan pts terkemuka.
            Mengetahu prospek kerjanya yang begitu banyak membuat aku semakin tertarik di jurusan statistika. Namun, setelah itu muncul pertanyaan yang sangat penting "di mana kamu kuliah?"  tentu seorang siswa yang sedang diselimuti rasa gengsi yang mendalam atau lebih tepatnya mimpi yang begitu tinggi. Dengan cepat aku menjawab " universitas gadjah mada ( ugm )". Mungkin ini yang tadi aku sebut dengan kenyataan dan mimpi. Begitu keras aku berusaha untuk menggapai mimpiku, namun semuanya hanya sekedar mimpi atau itu memang bukan yang terbaik untuk aku bagi tuhan. Usaha aku yang begitu keras tidak membuahkan hasil. Kegagalan yang aku dapatkan membuatku berpikir ke mana langkah yang harus aku tempuh. Jurusan yang begitu aku inginkan tak mungkin aku lepas begitu saja. Lalu, aku mencari berbagai pts yang memiliki jurusan statistika. Menyeleksi pts mana yang terbaik, meiliki lulusan statistika yang bagus, memiliki prestasi yang banyak dalam bidang statistika. Bukan hal yang mudah untuk menetukan plihan yang akan menentukan mimpi itu terwujud atau tidak. Akhirnya setelah memikirkan semuanya dengan penuh pertimbangan dalam berbagai hal, aku menjatuhakan pilihanku pada uii yaitu universitas islam Indonesia. Sebuah universitas swasta paling tua di Yogyakarta, universitas yang mencakup islam. Dengan penuh harapan aku mendaftar di uii melalui jalur psb dan diterima. Mungkin, ini jawaban dari Tuhan dan ini yang terbaik bagi aku dari Tuhan. Tuhan memberikan aku tempat yang bagus untuk menuntut ilmu sekaligus tempat untuk memperdalam pengetahuan aku trntang islam. Tuhan maha adil atas segalanya, meskipun aku belum mengetahui  apa recana sebenarnya kenapa aku berada di uii. Aku percaya semuanya sudah dirancang dan memiliki jalan tersendiri, memang mimpiku buakan di uii tapi mungkin di sinilah semua yang aku harapkan dapat terwujud, mungkin tuhan menegur aku untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya . yang aku inginkan bukan berarti yang terbaik bagi aku, mungkin ada hal yang tidak baik di sana hingga Tuhan tak mengizinkan aku untuk menempa ilmu di sana. Aku berharap dengan masuknya aku di uii dalam program studi statistika merupakan langkah awal dari serangkaian langkah aku nanti untuk mengwujudkan impian aku. aku percaya langkah awal adalah suatu penentu dan gambaran diri aku di masa mendatang.  Dan, semoga  uii merupakan wadah yang tepat bagi aku untuk mengwujudkan serangkain mimpi yang aku rencanakan. Aku percaya aku bisa!

0 Komentar